REVIEW KARBURATOR PE 28 CS1.
Hay sobat jumpa lagi bersama anasbikercs1 lansung aja ya , karburator original honda cs1 ini jenis karburator vacum .karburator jenis ini bukaan throttle berdasarkan tingkat kevakuman di ruang bakar .
sehingga dari segi respon buka-bukaan dianggap kurang begitu cepat. berbeda dengan tipe skep langsung (velocity monoblock/VM ) yang bukaan throttle nya langsung ditarik kabel gas.
Tapi tentunya itu tergantung settingan karburator itu sendiri . bila tepat dijamin akselerasi bakal lebih respontif.
nah disini saya sudah menerapkan karburator pe 28 ini motor honda cs1 saya karena karburator orinya bermasalah dibagian vacumnya meskipun sudah diganti karet nya pun masih ngempos, tidak tahu mungkin saya salah pasang atau gimana .saya putuskan untuk mengganti karburator pe 28 , harganya sekitaran 500 ribu.
karburator pe ini sangat pas sekali waktu dipasang , karena venturi karbu cs1 sama dengan karbu pe ini . jadi tidak ada rubahan di bagian intake nya, yang bagian masalah itu bagian filter saringan karburator tidak ngepas. jadi saya putuskan untuk tidak memasang nya .
karena saya pakai filter racing , jadi filter udara nya sengaja tidak dipasang . dan untuk masalahnya lagi, sebenernya bukan masalah besar ya sobat . jadi bagian ujung kabel gas cs1 apa ya namanya pentul nya kalo tidak salah. itu terlalu besar jadi saya kikir atau bisa juga digerinda sampai masuk ke dalam skep karbu pe nya.
setelah terpasang di tes ternyata brebet sobat, ini pazti pilot jet atau main jet terlalu besar
ternyata memang benar setelah dibuka pilot jet bawaan honda NSR ini berukuran 40 sedangkan pilot jet cs1 35 .
setelah itu saya beli pilot jet nya ternyata sama punya honda tiger . saya beli ukuran 38 untuk pilot jet nya dan 115 untuk main jet nya.
sesudah itu saya pasang di karburator pe. lalu langsung di tes dan tidak brebet lagi sobat ternyata masalanya ada di pilot jet dan main jet nya . karena motor saya masih standar tingting tentunya pilot jet main jetnya jangan terlalu besar. beda dengan motor bore up an.
yang asupan bahan bakar nya harus lebih besar.
saya sudah hampir 5 tahun memakai karburator pe ini dan tidak ada masalah . karena tiap 5 bulan sekali dibersihkan.
kesimpulannya :
- karburator pe 28 ini sangat respon sekali ketika di tarik gas beda dengan karbu sebelumnya.
- pilot jet dan main jet mudah didapat di bengkel- bengkel.
- mudah perawatannya juga.
- harus di setting secara tepat biar makin respontif.
- putaran atas mudah didapat apalagi kalau knalpot nya diganti dengan yang free low makin ngacir.
- untuk saran saja kabel gas ganti pakai gas spontan biar tidak perlu kikir lagi langsung pnp.
nah itu saja sobat untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi insipirasi untuk sobat jika mengalami pengalaman serupa.
terima kasih.
Comments
Post a Comment